Tinggalkan komentar

MAKALAH FUNGSI MATEMATIKA DALAM EKONOMI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG

fenomena global yang sangat hangat akhir-akhir ini, yaitu mengenai gejolak harga minyak dunia yang sangat dramatis. Fenomena ini akan sangat terkait dengan posisi matematika ekonomi dan ekonometrika dalam melihat dampak ekonomi dari masalah ini.

Pada prinsipnya, tidak mudah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi pergerakan harga minyak dan banyak hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Selain gejolak harga minyak dipengaruhi oleh ketimpangan antara permintaan dan penawaran, masih banyak hal-hal lain yang tidak diduga-duga yang bisa terjadi di masa mendatang misalnya memanasnya masalah politik di Timor Tengah yang dapat memicu kenaikan harga minyak lebih jauh lagi. Adanya ketidakpastian (uncertainty) ini akan menambah rumit dalam menganalisis gejolak harga minyak tersebut. Sedangkan dampak ekonomi dari gejolak harga minyak ini tidak mudah dianalisis juga karena melibatkan banyak variabel yang saling terkait. Akan tetapi dengan bantuan Teknik Matematika Ekonomi dan dilengkapi dengan Model Ekonometrika analisis masalah tersebut dapat dipermudah dengan membuatnya lebih sistematis.matematika ekonomi dapat berperan untuk memahami fenomena ekonomi.

 

1.2.RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang dapat diangkat antara lain sebagai berikut:

1.2.1.         Apa huungan fungsi matematika dalam ekonomi?

1.2.2.         Apa fungsi matematika dalam ekonomi?

1.2.3.         Apa kelebihan matematika sehingga dapat menunjang ilmu ekonomi?

1.2.4.         Apa saja aplikasi matematika yang digunakan dalam ilmu ekonomi?

 

1.3.TUJUAN

Tujuan dari penuliasan makalah ini adalah, sebagai berikut.

1.3.1        Untuk mengetahhui apa hubungan fungsi matematika dalam ekonomi

1.3.2        Untuk mengetahui apa fungsi matematika dalam ekonomi.

1.3.3        Untuk mengetahui apa kelebihan matematika dalam menunjang ilmu ekonomi.

1.3.4        Untuk mengetahui apa saja aplikasi matematika yang digunakan dalam ilmu ekonomi.

 

1.4. MANFAAT

1.4.1        Bagi Penulis,

Makalah ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk meniangkat minat, bakat, dan kreativitas penulis. Makalah ini juga dapat dijadikan sarana informani untuk mengetahui tentang Apa huungan fungsi matematika dalam ekonomi, Apa fungsi matematika dalam ekonomi, Apa kelebihan matematika sehingga dapat menunjang ilmu ekonomi, dan Apa saja aplikasi matematika yang digunakan dalam ilmu ekonomi.

 

1.4.2 Bagi Siswa

Makalah ini dapat dijadikan media informasi bagi Siswa mengenai fungsi matematika dalaam memecahkan masalah  ekonomi.

1.4.3 Bagi Masyarakat

Makalah ini dapat dijadikan media untuk mengimformasikan masyarakan tentang fungsi matematika dalaam ekonomi.

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

2.1. HUBUNGAN FUNSI MATEMATIKA DAN EKONOMI

Dengan bahasa matematika, penggunaan ekspresi verbal digantikan dengan simbol-simbol matematika sehingga penyampaian ide bisa lebih efisien, lebih. Dalam prakteknya, analisis ekonomi memang tidak dapat terlepas dari analisis kuantitatif. Dengan bahasa matematika, penggunaan akurat dan lebih sistematis. Sedangkan dengan menggunakan ekonomi, suatu teori dapat diverifikasi validitasnya melalui data empiris yang tersedia. Selanjutnya, dengan menggunakan data empiris, dimungkinkan untuk memberi masukan pada penggalian ilmu baru dan/atau pemodifikasian ilmu yang sudah ada.

Singkatnya, penggunaan matematika dan ekonomi dalam analisis ekonomi ini saling melengkapi. Tanpa maatematika, seorang ahli hanya dapat memberikan gambaran tentang suatu fenomena tanpa dapat membuktikannya. Sedangkan penggunaan alat matematika tanpa pemahaman ekonomi terhadap ilmu ekonomi menjadikan suatu analisis kehilangan nuansa ekonomi sebagai ilmu sosial yang memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi.

 

2.2. FUNGSI MATEMATIKA DALAM EKONOMI

Fungsi matematika dalam elkonomi untuk mewakili teori ekonomi dan menganalisis masalah yang diajukan dalam ekonomi .

matematika ekonomi adalah suatu pendekatan analisis ekonomi dengan menggunakan simbol-simbol matematika dan logika matematika dalam merumuskan teori ekonomi dan permasalahan dalam ilmu ekonomi. Sebelum matematika ekonomi diadopsi secara luas, teori ekonomi masih mengandalkan analisis grafik; namun analisis ini terkendala oleh visualisasi yang hanya terbatas pada dua dimensi karena visualisasi lebih dari dua dimensi tidak mudah difahami. Baru setelah tahun 1950, perkembangan matematika ekonomi makin pesat seiring berpindahnya para ahli-ahli matematika menjadi akademisi ekonomi seperti Kenneth Arrow, Gerard Debreu, Frank Hahn dan Hildenbrandt.

Dengan bahasa matematika, penggunaan ekspresi verbal digantikan dengan simbol-simbol matematika sehingga penyampaian ide bisa lebih efisien, lebih akurat dan lebih sistematis.

 

2.3. KELEBIHAN MATEMATIKA

1. Bahasan matematika lebih ringkas dan tepat

2. Kaya akan hukum-hukum, teorema, sehingga memudahkan pemakaian

3. Dapat merumuskan asumsi dengan jelas sehingga terhindar bias

4. Memungkinkan menggunakan sebanyak mungkin variabel

 

2.4. APLIKASI MATEMATIKA YANG DIGUNAKAN DALAM ILMU EKONOMI

seperti diferensial dan integral kalkulus , perbedaan dan persamaan diferensial , aljabar matriks , dan pemrograman matematika dan lain metode komputasi .

ARITMATIKA SOSIAL

 

A. Harga pembelian, harga penjualan, untung, dan rugi. Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai atau melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan. Dalam perdagangan terdapat penjual dan pembeli. Jika kita ingin memperoleh barang yang kita inginkan maka kita harus melakukan pertukaran untuk mendapatkannya. Misalnya penjual menyerahkan barang kepada pembeli sebagai gantinya pembeli menyerahkan uang sebagai penganti barang kepada penjual. Seorang pedagang membeli barang dari pabrik untuk dijual lagi dipasar. Harga barang dari pabrik disebut modal atau harga pembelian sedangkan harga dari hasil penjualan barang disebut harga penjualan.Dalam perdagangan sering terjadi dua kemungkinan yaitu pedagan mendapat untung dan rugi.

 

Kalkulus (Bahasa Latin: calculus, artinya “batu kecil”, untuk menghitung) adalah cabang ilmu matematika yang mencakup limit, turunan, integral, dan deret takterhingga. Kalkulus adalah ilmu mengenai perubahan, sebagaimana geometri adalah ilmu mengenai bentuk dan aljabar adalah ilmu mengenai pengerjaan untuk memecahkan persamaan serta aplikasinya. Kalkulus memiliki aplikasi yang luas dalam bidang-bidang sains, ekonomi, dan teknik; serta dapat memecahkan berbagai masalah yang tidak dapat dipecahkan dengan aljabar elementer.

Kalkulus memiliki dua cabang utama, kalkulus diferensial dan kalkulus integral yang saling berhubungan melalui teorema dasar kalkulus. Pelajaran kalkulus adalah pintu gerbang menuju pelajaran matematika lainnya yang lebih tinggi, yang khusus mempelajari fungsi dan limit, yang secara umum dinamakan analisis matematika.

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

3.1.KESIMPULAN

3.1.1. HUBUNGAN FUNSI MATEMATIKA DAN EKONOMI

penggunaan matematika dan ekonomi dalam analisis ekonomi ini saling melengkapi. Tanpa maatematika, seorang ahli hanya dapat memberikan gambaran tentang suatu fenomena tanpa dapat membuktikannya. Sedangkan penggunaan alat matematika tanpa pemahaman ekonomi terhadap ilmu ekonomi menjadikan suatu analisis kehilangan nuansa ekonomi sebagai ilmu sosial yang memiliki tingkat ketidakpastian yang tinggi.

 

3.1.2. FUNGSI MATEMATIKA DALAM EKONOMI

Fungsi Matematika untuk memudahkan ekonom untuk membentuk bermakna, proposisi dapat diuji tentang subyek yang luas dan kompleks banyak yang tidak bisa secara memadai diungkapkan informal. Selanjutnya, bahasa matematika memungkinkan ekonom untuk membuat jelas, spesifik, positif klaim tentang subyek kontroversial atau perdebatan yang akan mustahil tanpa matematika. Sebagian besar teori ekonomi saat ini disajikan dalam hal matematika model-model ekonomi , satu set bergaya dan disederhanakan hubungan matematika yang mengklarifikasi asumsi-asumsi dan implikasi.

 

3.1.3.  KELEBIHAN MATEMATIKA

1. Bahasan matematika lebih ringkas dan tepat

2. Kaya akan hukum-hukum, teorema, sehingga memudahkan pemakaian

3. Dapat merumuskan asumsi dengan jelas sehingga terhindar bias

4. Memungkinkan menggunakan sebanyak mungkin variabel

 

            3.1.4. APLIKASI MATEMATIKA YANG DIGUNAKAN DALAM ILMU EKONOMI

seperti diferensial dan integral kalkulus , perbedaan dan persamaan diferensial, aljabar matriks , dan pemrograman matematika dan lain metode komputasi .

ARITMATIKA SOSIAL

3.2.SARAN

A. Bagi Siswa

Agsr terus belajar dan menggali analisis ekonomi yang lebih tepat, mudah, dan efektif.

DAFTAR  PUSTAKA

 

http://202.59.162.82/sekunder/resensi/manajemen/strategi/details.php?cid=5&id=68

http://gramediaonline.com/morei http://agussukoco.dosen.narotama.ac.id/files/2011/09/TM1-Dasar-dasar-Matematika-Ekonomi.pdf nfo.cfm?Product_ID=650812

http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonometrika

http://tumbasbuku.com/matematika-ekonomi-fungsi-aplikasi-ettij-iswanti-santoso

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: